Senin, 04 Oktober 2021

project3




TUGAS BERANDAI MEMBUAT SEBUAH SISTEM OPERASI YANG KITA INGINKAN


    Jika saya adalah seseorang yang dapat membuat sebuah sistem operasi yang canggih, saya sangat berkeinginan untuk membuat sebuah sistem operasi dalam bentuk game. Yang di mana di game itu kita dapat langsung merasakan bagaimana kejadian yang ada di game tersebut seperti nampak di dunia nyata. Jadi kita seperti di bawa dan masuk kedalam game tersebut, Dan sistem operasi itu ingin saya beri nama VR Game.

1.       1. Latar belakang, Tujuan, dan Manfaat:

    Latar belakang saya menciptakan sistem operasi tersebut adalah karena kecintaan saya dalam dunia game itu sendiri, menurut saya dunia game itu sangat mengasikan bagaimana kita dapat merasakan sebuah kebahagiaan, kesenangan, kesedihan, dan kebersamaan, dan yang lebih bagus lagi kita juga diajarkan untuk bekerja keras untuk mendapatkan sesuatu. Sungguh dunia game adalah sesuatu hal yang sangat positif jika kita menggunakanya dengan benar.

    Tujuan saya menciptakan sistem operasi itu karena saya ingin merasakan dunia game yang lebih nyata dan lebih mengasikan dari yang sebelumnya. Dan saya juga ingin menciptakan sebuah teknologi yang baru di dunia game yang mungkin sekarang tidak terlalu dilirik oleh para ahli di bidang pengembangan teknologi.

    Manfaat di ciptakannya sistem operasi itu adalah kita dapat merasakan dunia game yang lebih nyata dan dapat membuat para penggunanya merasakan game itu layaknya terjadi di kehidupan nyata mereka tanpa Batasan apapun.




2.     2.   Arsitektur Komputer

 




3. Struktur Sistem Operasi

    Struktur sistem operasi Yang saya gunakan dalam sistem operasi yang saya buat adalah gabungan dari struktur sistem operasi virtual machine dan sistem berlayer. Struktur virtual machine yaitu jenis struktur yang memiliki sistem time-sharing. Sistem ini memiliki fungsi sebagai penyedia kemampuan multi programming dan perluasan sistem mesin dengan user interface yang lebih mudah digunakan. Struktur ini terdiri dari 2 jenis yaitu (control program) yang digunkan untuk mengatur fungsi processor, memori, dan perangkat input/output. Jadi control program berhubungan langsung dengan hardware yang digunakan.  dan (conventional monitor system) digunakan untur mengatur fungsi dari proses, pengelolaan informasi dan pengelolan perangkat dari sistem operasi.

    Sistem berlayer adalah sistem operasi yang memiliki berbagai layer dan layer-layer itu memiliki tujuan dan fungsi masing-masing. Lapisan paling bawah digunakan untuk perangkat keras, sedangkan lapisan yang paling atas digunakan untuk user interface. Setiap lapisan layer dari struktur tersebut merupakan hasil implementasi dari objek abstrak. Dimana hasil implementasi tersebut merupakan enkapsulasi data dan operasi yang bisa dimanipulasi.

 


 

4. Komponen Sistem Operasi

a. Manajemen inputan, yang digunkan untuk menyimpan data inputan dari user. 

b. Manajemen proses, yang digunakan untuk mengeksekusi program. Sebuah proses juga membutuhkan beberapa sumber daya untuk bisa menyelesaikan tugasnya. Sumber dayanya adalah memori, perangkat input/output, CPU, dan berkas-berkas.

c. Manajemen memori utama, yaitu suatu array yang besar dari byte, yang ukuranya dapat mencapai jutaan. Setiap byte memiliki alamatnya masing-masing. Memori itu juga berfungsi untuk menjadi tempat penyimpanan yang suatu akses datanya dapat digunakan oleh sebuah CPU maupun perangkat input dan output.

d Secondary-storage, yang berfungsi untuk menyimpan banyak data dan dia bersifat permanen.

e. Manajemen I/O, yang berfungsi untuk menyediakan device driver yang biasa, yang nantinya operasi input dan output bisa seragam.

f. Manajemen 3D VR, berfungsi untuk membuat modelling 3D terhadap gambar dalam game sehingga tampak nyata dan halus.

g. Sistem proteksi, yaitu  mekanisme yang dapat mengontrol akses yang bisa dilakukan oleh processor, program, maupun pengguna kedalam sistem sumber daya.

h. aringan, setiap processor memiliki memorinya tersendiri, processor itu juga telah tersambung melalui jaringan komunikasi.

i. Command-interpreter system, suatu sistem operasi akan menunggu instruksi dari command driven atau pengguna.

 

 

 

5. Pelayanan Sistem Operasi

a. Menerima inputan dari user.

b. Pembuatan program, sistem operasi akan menyediakan fasilitas untuk pembuatan sebuah program bagi pembuatnya.

c. Eksekusi program, kemampuan sistem operasi untuk menjalankan program yang di minta.

d. Operasi I/O, Sistem operasi akan menyediakan mekanisme untuk melakukan operasi I/O atas nama user.

e. Sistem manipulasi berkas, program dapat membaca, menulis, membuat, dan menghapus berkas berupa file atau  direktori.

f. Komunikasi, dapat melakukan pertukaran data.

g. Deteksi eror, dapat mendeteksi sebuah kesalahan pada perangkat.

h. Efesiensi penggunaan sistem, dapat menjamin akses ke sumber daya yang lebih aman.

i. Pembuat grafis 3D, dapat membuat gambar yang lebih halus dan nyata.

j. 3D VR conection, menampilkan gambar dalam bentuk VR.



 

6. Proses Sistem Operasi

a. User akan mengirimkan perintah  malalui sebuah stick.

b. perintah di terima kemudian kmpulan dari perintah-perintah dan proses game itu akan melewati status proses yaitu:

·         New: proses di buat

·         Running: perintah di eksekusi

·         Waiting: proses menunggu beberapa kejadian yang akan terjadi

·         Ready: sedang menunggu untuk diproses oleh processor

·         Terminated: proses telah slesai menjalakan tugasnya         


c. Kemudian proses itu di gambarkan oleh sistem operasi dengan menggunakan Process Control Block(PCB). 

d. Selama program berjalan status informasi akan disimpan pada saat terjadi interrupt.

e. Penjadwalan cpu akan memperioritaskan sebuah proses,pointer ke antrian penjadwalan, dan beberapa parameter penjadwalan lainya.

f. Manajemen memori akan menginformasikan nilai(basis) dan limit register, page table, atau segmen table.

g. Informasi accounting akan menginformasikan jumlah CPU dan real time yang digunakan account, numbers, timelimits, jumlah job maupun proses dan lainya.

h. Status input output akan menginformasikan deretan input dan output device yang dialokasikan untuk proses tersebut, deretan file yang dibuka, dan lain-lain.

i. Sebuah cip akan menerima semua gambar dari semua proses tersebut.

j. Dan akan mengirimkan melalui sebuah alat kusus yang di beri nama contreks.

k. Kemudian contreks akan menampilkan semua gambar dalam bentuk virtual Reality atau VR.

l. Dan user dapat menikmati sebuah game dengan gambar yang tampak nyata menggunkan VR game.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Project3_Andi Saputra(202065030)

       PANDANGAN PRIBADI TENTANG PERAN PENTING STORAGE GATEWAY PADA ERA 5.0   Storage gateway sendiri adalah sebuah perangkat lunak yang...